Sunday, April 8, 2012

Perihal Pencetakan Naskah Soal UN 2012

0 comments

Dinas Pendidikan Sulsel mengkhawatirkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA yang akan digelar 16 April mendatang. Kekhawatiran itu bukan dalam hal persiapan siswa atau sekolah melainkan soal UN.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Patabai Pabokori mengatakan kekhawatiran itu karena soal UN untuk Sulsel dicetak di Semarang. Rencananya, naskah soal sudah akan didrop ke Makassar 9 April ini. Pihak percetakan sudah menyiapkan gudang untuk penyimpanan sementara soal UN sampai menunggu jadwal distribusi lanjutan ke daerah-daerah.

"Mudah-mudahan UN sukses, lancar, dan tidak ada masalah kekurangan, bertukar, atau kebocoran sebab ini dicetak di Semarang. Karena ini dikerjakan manusia biasa, bisa saja soal Sulsel tertukar dengan Kalimantan," kata Patabai, Rabu, 4 April.

Menurutnya, selama 3 tahun pelaksanaan UN, tidak ada masalah yang muncul dalam hal naskah ujian. Itu karena soal dicetak di Makassar. Sehingga jika ada kekurangan bisa langsung diatasi. "Kebocoran bisa saja terjadi di Semarang usai dicetak," katanya.

Patabai mengaku tidak tahu langkah apa yang akan diambil jika nantinya soal tertukar atau kurang. Alasannya, jumlah soal yang didrop ke Sulsel tentu disesuaikan jumlah siswa peserta UN.
"Saya tidak tahu solusinya. Sebab kita memang tidak setuju dicetak di pusat. Kita khawatir bertukar atau kurang. Tapi pusat menjamin tidak akan ada masalah. Jadi kita ikut saja," katanya.

Untuk soal ujian, Dinas Pendidikan baru diserahi tanggung jawab setelah soal didrop 9 April nanti. "Tanggung jawab kita mengambilnya di gudang dan mendistribusikan ke daerah. Kita akan kirim soal ke daerah tiga hari menjelang UN utamanya yang daerahnya jauh," tuturnya.

Related Articles:

Leave a Reply

 
Bank Soal (Ujian Tulis) © 2011 Grade science & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends